top of page
  • Tim ADSH

Ekspor Hewan Ternak Hidup: Perdagangan yang tidak manusiawi dan tidak diperlukan

Ditulis oleh Peter Stevenson, Kepala Penasihat Kebijakan, Compassion in World Farming dalam Jurnal Hukum Kesejahteraan Hewan Musim Panas 2012


Diterjemahkan oleh Elsa Helyani

Diedit oleh Fiolita B




Setiap tahun, jutaan hewan ternak di seluruh dunia ditransportasikan dan menempuh jarak yang sangat jauh ke rumah-rumah potong hewan atau untuk penggemukan lebih lanjut. Perdagangan ini bertanggung jawab atas sebagian besar penderitaan hewan. Dan ini benar-benar hal yang tidak diperlukan.


Compassion in World Farming (Compassion) sependapat dengan Federasi Dokter Hewan Eropa bahwa “Hewan harus dipelihara sedekat mungkin dengan tempat di mana mereka dilahirkan, dan disembelih sedekat mungkin dengan titik produksi”.

Inggris mengekspor sekitar 80.000 domba dan anak sapi pada tahun 2011. Banyak sapi dikirim untuk dibawa ke perusahaan daging sapi global dan domba diekspor ke luar negeri untuk disembelih. Compassion ingin ekspor hewan ternak hidup dari Inggris dihentikan

Kami menentang ekspor anak sapi karena keduanya memberikan dampak negatif dari kesejahteraan anak sapi akibat perjalanan panjang dan sistem pemeliharaan yang sangat buruk di mana anak sapi dapat disimpan di negara tujuan. Tinjauan literatur ilmiah oleh Dr Claire Weeks menyimpulkan bukti ilmiah menunjukan bahwa sapi muda tidak dapat beradaptasi dengan baik saat berada dalam perjalanan. Dr Weeks menekankan bahwa pengiriman anak sapi harus dihindari jika memungkinkan; terutama karena morbiditas dan kematian tinggi saat transportasi. Beberapa anak sapi Inggris diekspor ke Spanyol dan anak sapi dari Irlandia Utara dikirim ke Spanyol dan Hungaria; ekspor ini memerlukan perjalanan yang sangat panjang.


Setelah sampai di negara tujuan, anak sapi kadang-kadang dipelihara di tempat yang sangat kering dimana mereka diletakkan di suatu tempat beralaskan lantai beton atau lantai bilah tanpa jerami atau alas lainnya. Tindakan tersebut ilegal dilakukan di Inggris karena Undang-undang Inggris mengharuskan disediakannya tempat tidur yang sesuai untuk anak sapi sedangkan tidak ada persyaratan seperti itu dalam hukum Uni Eropa. Kami percaya bahwa salah apabila anak sapi Inggris dibesarkan di luar inggris yang memiliki sistem kesejahteraan satwa yang tidak sesuai/dilarang di Inggris.


Sebagian besar negara di Eropa memiliki rute transportasi hewan jarak jauh yang menyilang. Misalnya, hampir 3 juta babi diekspor setiap tahun dari Belanda dalam perjalanan panjang ke eropa Selatan dan eropa Timur. Sebagian besar yang ditransportasikan adalah anak babi yang akan digemukkan meskipun beberapa dari mereka dikirim ke rumah potong hewan yang jauh. Belanda juga mengimpor sekitar 180.000 anak sapi setiap tahun dari Polandia, Lituania dan Irlandia; perdagangan ini memerlukan perjalanan yang sangat panjang bagi hewan-hewan lemah ini.

Sayangnya, Peraturan Dewan 1/2005 tentang perlindungan hewan mengijinkan perjalanan panjang ini. Peraturan ini menetapkan bahwa jika standar kendaraan tertentu (tidak banyak persyaratannya) terpenuhi, sapi dan domba dapat diangkut selama 28 jam, babi dan kuda selama 24 jam dan hewan yang tidak disapih selama 18 jam, setelah itu mereka harus diturunkan dan diberi makan, air dan setidaknya 24 jam untuk beristirahat. Pola perjalanan dan waktu beristirahat ini dapat diulangi tanpa ada batasan waktu. Kami mendorong Uni Eropa untuk menempatkan batas maksimum 8 jam perjalanan untuk tujuan penyembelihan atau penggemukkan.



Masalah kesejahteraan dan penegakan yang buruk

Hewan di Uni Eropa secara rutin dikemas ke dalam truk yang penuh sesak dan seringkali tidak, atau hanya sedikit diberi makanan, air atau waktu beristirahat. Ketika dalam perjalanan, hewan-hewan menjadi semakin kelelahan, dehidrasi dan stres. Beberapa terluka. Banyak perjalanan berlangsung di musim panas yang ekstrim, hewan-hewan berada di truk yang sangat penuh dengan ventilasi yang tidak memadai. Ditambah lagi dengan kurang disediakannya air dan lamanya perjalanan, hal ini menyebabkan penderitaan yang sangat hebat. Bahkan kasus terburuknya, banyak hewan mati.


Laporan dari Kantor Komisi Pangan dan Veteriner Eropa menunjukkan bahwa banyak perusahaan yang mentransportasikan satwa mengabaikan prinsip aturan dasar dan banyak Negara anggota yang gagal melaksanakannya dengan benar. Pelanggaran umum dari Peraturan tersebut meliputi: kegagalan untuk memberi hewan waktu istirahat, kurangnya makanan dan air yang diperlukan berdasarkan undang-undang untuk dilakukannya perjalanan panjang; kelebihan muatan; ruang utama tidak memadai; kurang dalam menyediakan air di kendaraan; penggunaan kendaraan yang gagal memenuhi standar legislatif untuk perjalanan yang harus ditempuh melebihi delapan jam; dan pengangkutan hewan yang sakit atau terluka.


Ekspor hewan ternak hidup dari Uni Eropa ke negara ketiga

Uni Eropa mengekspor sejumlah besar hewan ke negara ketiga. Misalnya, baru-baru ini Uni Eropa mengembangkan perdagangan ekspor hewan hidup secara besar-besaran ke Turki, pada tahun 2011 lebih dari satu juta domba dan sapi diekspor dari Uni Eropa ke Turki.

Subsidi (pengembalian dana ekspor) disediakan pada ekspor sapi dari Uni Eropa ke negara ketiga untuk dikembangbiakkan. Dalam laporan Komisi Eropa dinyatakan bahwa 8,6 juta euro dibayarkan dalam pengembalian dana ekspor untuk sapi hidup pada tahun 2010. Pengembalian dana ini dibayarkan sehubun


gan dengan ekspor 70.147 sapi. Beberapa hewan ini diangkut dalam perjalanan yang sangat panjang ke Rusia dan Kazakhstan.

Meskipun sering diasumsikan bahwa pemacakan hewan yang ditransportasikan dalam kondisi baik, laporan Komisi Uni Eropa mengungkapkan bahwa beberapa sapi yang dikembangbiakkan dan diekspor dari Uni Eropa mendapatkan pemenuhan kesejahteraan yang sangat buruk dalam perjalanan. Misalnya, beberapa hewan yang melahirkan atau menggugurkan kandungan dalam perjalanan, sisanya dalam kondisi yang terluka parah dan bahkan meninggal. Dalam sejumlah kasus, kondisi transportasi ditemukan tidak memenuhi standar dalam penyediaan makanan dan air. Terdapat masalah pelanggaran prinsip kesejahteraan yang dialami 2.149 sapi. Compassion menganggap apabila uang pajak digunakan untuk mensubsidi perdagangan yang menyebabkan banyak hewan menderita adalah suatu kesalahan.


Ketika hewan-hewan ternak tersebut meninggalkan Uni Eropa, mereka akan dilindungi di beberapa negara oleh Konvensi Eropa untuk ,mendapat Perlindungan Hewan selama perjalanan Internasional. Aturan ini dibuat oleh dewan Eropa yang memiliki keanggotaan yang jauh lebih luas daripada Uni Eropa. Namun, sayangnya beberapa anggota Dewan Eropa di luar Uni Eropa telah menandatangani dan meratifikasi Konvensi.


Ekspor hewan ternak hidup dari Australia dan Amerika Selatan

Setiap tahun, Australia mengekspor lebih dari dua juta domba melalui laut ke Timur Tengah dan lebih dari 500.000 sapi, terutama ke Asia Tenggara tetapi juga ke Timur Tengah. Hewan-hewan sering diangkut dalam kondisi penuh sesak dan dapat dipastikan suhu dan kelembaban tinggi dan ventilasi tidak memadai. Sebagian domba mati dalam perjalanan (kesalahan dalam penggembalaan hewan dengan mengatur pemberian makan dengan makanan pengganti yang disediakan di kapal), menderita berbagai penyakit dan cedera. Tingkat kematiannya kelihatannya sedikit. Banyak domba yang bertahan hidup tetap menderita karena cedera dan penyakit, misalnya infeksi mata dan bahkan kebutaan, serta karena lapar, haus, panas dan kelelahan.


Negara Brasil juga mengekspor sapi ke Timur Tengah dalam perjalanan laut yang memakan waktu sekitar 18 hari. Bencana yang baru-baru ini terjadi terdapat 2000 sapi Brasil mati ketika Kapal Gracia del Mar membawa mereka ke Mesir dan mengalami cuaca buruk.

Investigasi oleh Animals Australia telah berulang kali menunjukkan hewan menjadi sasaran kekejaman masif selama penyembelihan di Timur Tengah dan Asia Tenggara. Hewan-hewan biasanya tidak dilakukan pemingsanan sebelum disembelih. Tenggorokan mereka dipotong saat mereka sepenuhnya sadar dan mereka dibiarkan kehabisan darah sampai mati, sebuah proses yang dalam beberapa kasus dapat memakan waktu beberapa menit. Tetapi hal ini bukan hanya karena tidak dilakukannya teknik pemingsanan melainkan dapat juga disebabkan karena penanganan sebelum penyembelihan yang buruk.

Rekaman film baru menunjukkan sapi di Mesir dipukuli sangat keras di kepala dengan tongkat besar. Dalam banyak kasus dibutuhkan beberapa pukulan sebelum hewan itu kehilangan kesadaran hingga jatuh ke tanah ketika tenggorokannya dipotong. Rekaman lain dari Mesir menunjukkan penyembelihan dengan cara memotong tendon kaki sapi untuk mengendalikan mereka.

Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (dikenal sebagai OIE) telah mengadopsi Pedoman tentang kesejahteraan selama transportasi dan cara penyembelihan. Hal ini dapat memberikan dampak yang baik namun sayangnya diabaikan oleh 178 negara anggota. OIE sampai saat ini telah melakukan setidaknya untuk membujuk anggotanya menerapkan pedomannya. Compassion menyerukan kepada OIE untuk mengambil peran dalam memimpin untuk mendorong dan membantu negara-negara anggota untuk mengimplementasikan pedoman yang sudah dibuat.


Transportasi jarak jauh pada hewan untuk disembelih atau digemukkan sering menyebabkan banya penderitaan. Perdagangan ini harus diakhiri di seluruh dunia. Hewan seharusnya digemukkan di atau dekat peternakan di tempat dimana mereka dilahirkan. Mereka seharusnya disembelih sedekat mungkin dari peternakan dimana mereka dibesarkan sehingga saat menempuh perjalanan jarak jauh, hewan tersebut sudah dalam bentuk daging dan karkas.



29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page